JI dan “Suicide Bombing”, Menggagas “Ideological Surveillance”

Terlepas apakah bom bunuh diri (suicide bombing) di JW Marriott dan Ritz-Carlton pada 17 Juli 2009 lalu terkait atau tidak dengan Al-Jama’ah al-Islamiyah (JI), namun penulis pada 3 Oktober 2004 lewat peluncuran buku “Negara Tuhan; The Thematic Encyclopaedia” telah menyimpulkan bahwa diaspora ideologi JI memang sudah menjadi sebuah realitas yang sulit terbantahkan.

Berbagai ekspresi dan perilaku sebagian para aktivis JI tidak hanya menampilkan watak ideologisnya yang menghalalkan kekerasan tetapi juga melancarkan aksi-aksinya dalam upaya mewujudkan cita-cita politik Al-Khilafah Al-Islamiyyah atau disebut juga “khilafah global”.

Mereka tampak sekali menempatkan Islam sebagai sebuah ideologi alternatif untuk mengubah tatanan peradaban manusia yang menurutnya telah gagal sebagai akibat intervensi Barat dan segala produknya, seperti demokrasi, HAM, dan civil society.

Tak pelak, berbagai atribut yang dialamatkan terhadap JI sebagai sebuah organisasi clandestine yang berhaluan radikal semakin meneguhkan keberadaannya yang berbahaya terhadap Islam, komunitas Islam dan peradaban umat manusia.

Hal ini diperkuat dengan beberapa catatan tentang gerakan JI ini yang bersifat internasional dan siap beraliansi dengan gerakan-gerakan radikal yang memiliki agenda yang sama.

Penulis dalam buku tersebut juga berkesimpulan bahwa keberadaan dan eksistensi organisasi yang bernama JI adalah sebuah kenyataan yang sangat sulit untuk diingkari.

Sebagai sebuah gerakan yang mempunyai jam terbang internasional (al-Alami), JI ternyata lebih senior ketimbang gerakan “Syann al-Gharah” atau penebar teror yang bernama Al-Qa’idah.

JI nampak lebih lengkap dokumentasi gerakannya, mulai dari al-manhaj al-haraki (metode gerakan) sampai dengan nidlam asasi (aturan dasar).

Historisitas kedua organisasi penebar petaka ini, JI dan Al-Qa’idah adalah gerakan yang bersifat aliansi dan mempunyai hulu yang sama, yaitu menginginkan sebuah tatanan sistem kenegaraan yang bernama “al-Khilafah al-Islamiyah”, sebagai sebuah ending dari terbentuknya Daulah Islamiyah yang merupakan tujuan yang sama sekali tidak akan pernah bisa ditawar-tawar lagi.

Hulu yang menghubungkan kedua organisasi, JI dengan Al-Qa’idah adalah keterpengaruhannya dengan the same sources yaitu pemikiran-pemikiran dan gerakan-gerakan radikal yang bermunculan di Mesir dan Pakistan, seperti sayap ekstrimnya al-Ikhwan al-Muslimun (media menyebut dengan sebutan Ikhwanul Muslimin), Jama’ah al-Jihad, Al-Jama’ah Al-Islamiyyah Mesir, Jama’ah al-Muslimin dan juga Jama’at-e-Islami Pakistan.

Pemikiran-pemikiran keras mulai Al-Maududi, Sayid Qutub dan Dr. Umar Abdurrahman tentang teori kedaulatan Tuhan (al-Hakimiyah, God Sovereignty) dapat secara mudah ditemukan dalam pola-pola gerakan JI yang di Asia Tenggara mempunyai empat Mantiqi sebagai basis sayap gerakannya.

Jika ternyata bom bunuh diri Mega Kuningan terkait dengan jejaring JI, penulis sama sekali tidak kaget dan heran karena berdasarkan penelitian yang penulis paparkan dalam buku Negara Tuhan, JI memang mempunyai kemampuan dan sangat expert dalam menampilkan karya-karya kekerasannya.

Sebagai sebuah gerakan bawah tanah, JI ternyata di samping sudah mempersiapkan aturan-aturan mainnya berupa PUPJI (Pedoman Umum Perjuangan JI) dan Nidham Asasi, juga telah mempersiapkan secara sistematis dan terencana gerakan militernya serta telah dididik secara khusus dengan materi mulai dari WP (Weapon Training), MR (Map reading), TI (Tehnik Infanteri) dan FE (Field Enginering).

Hal yang lebih mengagetkan adalah pelatihan tentang teknik pengeboman yang dimulai dari cara dan teknik pembuatan sampai dengan praktikum langsung di lapangan.

Kenyataan ini semakin memperkuat bahwa untuk merealisasikan tujuan JI dalam menciptakan Daulah Islamiyah menuju Khilafah Islamiyah harus dengan memakai kekuatan senjata sebagai sarana yang harus dilibatkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s